OlahragaPapua Barat

Menuju PON XXI, Atlet Papua Barat Telah Selesai Jalani Tes Fisik dan Tes VO2 Max

734
×

Menuju PON XXI, Atlet Papua Barat Telah Selesai Jalani Tes Fisik dan Tes VO2 Max

Sebarkan artikel ini
Ketua Tim Monitoring Pelatda Kontingen Papua Barat Ruben Numberi yang ditemui wartawan di Manokwari. FOTO: TANGKAPAN LAYAR.PAPUADALAMBERITA.

259PAPUADLAMBERITA.COM Atlet Papua Barat telah selesai menjalani tes kapasitas fisik dan tes Volume Oksigen Maksimal (VO2 Max) pada Pemusatan latihan daerah (Pelatda).

Atlet Papua Barat menjalani Pelatda untuk persiapan tampil pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara, September 2024.

Tes fisik dilaksanakan dua hari  di Lapangan Kodim 1801 Manokwari di Brawijaya, yangh dimulai pada tanggal 6 dan berakhir pada 7 Maret 2024.

Baca juga: Medical Cek Up Rekomendasikan 7 Atlet Papua Barat Tak Boleh Ikut Tes Lajutan, Fisik dan VO2 Max

Baca juga: Atlet Papua Barat Jalani Tes Fisik dan VO2 Max Menuju PON XXI 2024

Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev), Tim Pelatda Kontingen Papua Barat Ruben Numberi mengatakan pada tes hari pertama diikuti sembilan (9) Cabang olahraga (Cabor), yang diikuti ada 54 atletnya.

‘’Dan hari kedua ada tujuh (7) cabang olahraga diikuti 41 atlet,’’ ujar Ruben Number kepada wartawan di Manokwari.

Ia mengatakan, tes selama dua itu tidak dikuti tujuh (7) atlet, karena karena menyangkut kesehatan.

‘’Hasil dari tes kapasitas fisik dan VO2 Max dari semua cabang olahraga masih ada dalam program fase umum, sehingga belum kelihatan hasil maksima fisik olahragnya, nanti kita lihat pada tes kapasitas fisik yang kedua ke depan hasilnya se[erti apa,’’ sebut Ketua Tim Monev.

852Atlet Papua Barat saat menjalani rangkaian tes kapasitas fisik dan tes VO2 Max di lapangan Kodim Manokwari.FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA.

Menurut Dia, semua hasil dari tes pertama kapasitas fisik dan VO2 Max nanti akan disampaikan ke pelatih masing-masing cabang olahraga untuk menjadi referensi jika dada yang kurang baik akan diperbaikan.

Baca juga: Sebelum Ke PON Aceh dan Sumut KONI Papua Barat Tingkatkan Mental Atlet

Baca juga: Pesan 3 Prinsip, Pj Gubernur Canangkan Puslatda PON XXI Aceh dan Sumut Untuk Kontingen Papua Barat

‘’Hasil tes para atlet akan dilaporkan ke Satgas Pelatda dan KONI Papua Barat,’’ sambungnya.

Numberi mengatakan, tes kapasitas fisik dan MVO2 Max yang dijalani atlet PON persiapan ke Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) ada lima (5) macam tes, yaitu mulai dari tes grid, ts push up, visability, lari speed, tes kelincahan.

Tim Monev akan akan melihat masing-hasil tes kapasitas fisik dan tes VO2 Max.

‘’Kita akan terus monitor, mulai dari program-program latihan atlet, kita monitor ke lapangan terkait dengan pemaparan dari program-program atlet,’’ tambah Numberi.(rustam madubun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!